Belajar Tata Bahasa Korea : Bisa ( ㄹ / 을수 있다 )

Mungkin tidak perlu saya jabarkan panjang lebar mengenai fungsi dan bagaimana bentuk ini di ungkapkan, bentuk ini biasa biasa saja seperti halnya penggunaan kata ” bisa ” pada umumnya dalam keseharian kita. contoh simple saja , saya bisa menguasai bahasa mandarin sampai persentase 80 % dalam jangka waktu 1 tahun, tetapi sangat berbeda dengan bahasa korea, meskipun sudah belajar 3 tahun lamanya dan berada pada lingkunganya , saya masih tetap belum bisa menguasainya dengan lancar dan benar. Dari contoh tersebut jelas menyebutkan bisa atau tidaknya seseorang dalam sesuatu hal .Sebenarnya bentuk ini ada berbagai macam , hanya saja di sini saya tuliskan yang sering di pakai saja, toh juga fungsi dan peranannya sama. Dalam hal ini saya akan membahas bentuk 을 / ㄹ수 있다 .

Dalam tata bahasa korea , bentuk  ” bisa ” di pengaruhi oleh ada tidaknya badchim pada kata sebelumnya. Secara simbolis bisa gambarkan sebagai berikut : Badchim ( o/x ) => P + 을 / ㄹ수 있어요 , => bilamana ada bdchim : P + 을수 있어요 , dan kalau tanpa badchim : P + ㄹ수 있어요 , berikut contoh dan penjelasanya :

I ) Bentuk ada badchim : P + 을수 있어요

  • 읽다 ( ilgda / membaca ) : 다 hilang , badchim ㄱ => P + 을수 있어요 => 읽 + 을수 있어요 => 읽을수 있어요 ( ilgeulsu issoeyo / bisa membaca )
  • 믿디 ( mitda / percaya ) : 다 hilang , badchim ㄷ => P + 을수 있어요 => 믿 + 을수 있어요 => 믿을수 있어요 ( mideulsu issoeyo / bisa percaya )
  • 찍다 ( cigda / memotret ) : 다 hilang , badchim ㄱ => P + 을수 있어요 => 찍 + 을수 있어요 => 찍을수 있어요 ( cigeulsu issoeyo / bisa memotret )
  • 팔다 ( phalda / menjual ) : 다 hilang , badchim ㄹ ( badchim spesial ) => P + 을수 있어요 => 팔 + 을수 있어요 => 팔수 있어요 ( phalsu issoeyo / bisa menjual )
  • 듣다 ( deudda / mendengar ) : 다 hilang , badchim ㄷ ( badchim spesial ) => P + 을수 있어요 => 듣 + 을수 있어요 => 들수 있어요 ( deulsu issoeyo / bisa mendengar )

Contoh kalimat berbentuk badchim :

  1. 읽다 => Sebelum belajar bahasa korea saya tidak bisa membaca tulisan hangeul. Sekarang saya bisa membacanya dengan baik dan lancar.=> 저는 한국어를 공부하기 전에 한글 읽을수 없어요, 이제 잘 읽을수 있어요.
  2. 믿다 => Kamu setiap hari sering berbohong, bagaimana saya bisa mempercayai kamu ? => 너는 매일 항상 거짓말 했어요, 어떻게 너를 믿을수 있어요?
  3. 찍다 => Aku bisa memotret sejak umur 16 tahun => 나는 16 살부터 사진을 찍을수 있었어요

II ) Bentuk tanpa badchim : P + ㄹ수 있어요

  • 시험하다 ( sihoemhada / ujian ) : 다  hilang , P + ㄹ수 있어요 => 시험하 + ㄹ수 있어요 => 시험 할수 있어요 ( sihoem halsu issoeyo / bisa mengerjakan ujian )
  • 자다 ( jada / tidur  ) : 다 hilang , P  + ㄹ수 있어요 => 자 + ㄹ수 있어요 => 잘수 있어요 (  jalsu issoeyo / bisa tidur )
  • 말하다 ( malhada / berbicara ) : 다 hilang , P + ㄹ수 있어요 => 말하 + ㄹ수 있어요 => 말할수 있어요 ( malhalsu issoeyo / bisa bicara )
  • 내리다 ( naerida / turun ) : 다 hilang , P + ㄹ수 있어요 => 내리 + ㄹ수 있어요 => 내릴수 있어요 ( naerilsu issoeyo / bisa turun )
  • 화나다 (  hwanada / marah ) : 다 hilang , P + ㄹ수 있어요 => 화나 + ㄹ수 있어요 => 화날수 있어요 ( hwanalsu issoeyo / bisa marah )

Contoh kalimat bentuk tanpa badchim :

  1. 시험하다 => sebelum mengerjakan ujian andi belajar rajin dan banyak latihan , maka dari itu dia bisa mengerjakan ujian dengan baik => 시험을 하기 전에 안디씨가 열심히 배우고 연습을 많이 했어요, 그러니까 시험을 잘할수 있어요
  2. 자다 => kalau sudah kenyang, saya bisa tidur lebih awal => 배 불렀으면 난 일찍 잘수 있어요
  3. 말하다 => Saya bisa berbicara bahasa mandarin dengan baik tetapi tidak bisa berbicara bahasa korea => 저는 중국어를 잘 말할수 있는데 한국어를 잘 몰랐어요

Perihal master03
Tetap perlakukan orang lain seperti kita ingin di perlakukan oleh orang tersebut,.. ^_^

11 Responses to Belajar Tata Bahasa Korea : Bisa ( ㄹ / 을수 있다 )

  1. thanks for posting, I really enjoy it, I can learn a lot from this.

  2. Ping-balik: Belajar Tata Bahasa Korea : Tidak Bisa ( 못 dan 을 / ㄹ 수없다 ) « Korean Grammar

  3. vani mengatakan:

    Saya ingin tahu perbedaan diantara kata – kata ini karena saya sering terjebak pada kata -kata ini,diantaranya adalah:

    그리고, 그래서, 그러니까, 그러면, 그런데

    please give me example, Thanks

    • Mst 03 mengatakan:

      Wah sepertinya harus meloncat langsung ke kata konjungsi nih,…🙂 , karena di tanyakan, maka ada kewajiban bagi saya untuk menjawabnya. Dari kata di atas termasuk kata kongjungsi yang mana kita sendiri sudah tau apa arti dan fungsi dari kata konjungsi itu sendiri .
      >>>그리고 => ( dan ) berfungsi untuk menggabungkan kalimat sebelumnya dengan kalimat berikutnya, untuk memperkenalkan sebuah kalimat, untuk menambahkan konten baru ke kalimat sebelumnya . ex : 책 그리고 연필 주세요 ( saya minta buku dan pensil ) , 제 이름은 후다예요 , 그리고 제 친구 이름은 파니예요 ( nama saya huda, dan nama teman saya vani ) , 그 사람 마음이 좋습니다, 그리고 얼굴 도 예뻐요 ( hati orang itu baik sekali, dan wajahnya juga cantik )
      >>> 그래서 => ( sehingga ) untuk menggabungkan 2 kalimat yg kalimat sebelumnya adalah sebuah alasan atau penyebab kalimat berikutnya ( sebab akibat ) ex : 물건 값이 비쌉니다, 그래서 사지 않았습니다 ( harga barangnya mahal, sehingga tidak jadi membeli ) , 그 분은 외국 사람 입니다 , 그래서 한국 말을 못합니다 ( orang itu orang asing, sehingga tidak bisa berbahasa korea ) 이 짐은 너무 무겁습니다, 그래서 혼자 들 수 없군요 ( barang bawaan ini berat sekali, sehingga tidak bisa mengangkatnya sendirian )
      >>> 그러니까 ( maka dari itu ) untuk menggabungkan 2 kalimat atau lebih yang mana di ikuti suatu saran atau perintah pada kalimat berikutnya. ex : 한국 말을 빨리 배우고 싶지요? 그러니까 한국 말로 하세요 ( ingin belajar cepat bahasa korea bukan,…? maka dari itu berbicaralah dengan bahasa korea ! ) 객지 생활이 힘들죠? 그러니까 고향으로 돌아가세요 ! ( hidup di luar negeri sangat sulit bukan,… ? maka dari itu pulanglah ke kampung halaman ! )
      >>> 그러면 ( kalau begitu ) untuk mengungkapkan gagasan yang telah di perlihatkan pada kalimat sbelumnya , ex : 지금 몇시 입니까 ? 오전 8 시 30분 입니다 , 그러면 출근 해야 겠습니다 ( sekarang jam berapa ? jam 8:30 pagi , kalau begitu saya harus berangkat kerja ) , 오늘 시간이 있읍니까? 미안합니다 , 오늘 좀 바쁩니다 , 그러면 내일은 어떻습니까? ( hari ini ada waktu ? maaf, hari ini agak sibuk , kalau begitu bagaimana kalau besok?
      >>> 그런데 ( akan tetapi ) untuk mengekspresikan suatu kalimat kontras dengan kalimat sebelumnya , ex : 비가 옵니다 , 그런데 우산이 없군요 ( hujan turun tetapi tidak ada payung ) , 내일은 시험이 있읍니다, 그런데 공부를 하지 못했습니다 ( besok ada ujian tetapi sudah tidak bisa belajar ) 신문을 샀습니다 , 그런데 아직 읽지 못했습니다 ( sudah membeli koran , akan tetapi masih belum bisa membacanya ) 빨간 연필은 있습니다 그런데 까만 연필은 없습니다 ( pensil warna merah ada, akan tetapi pensil warna hitam tidak ada )

      Di sini saya berikan contoh yang simple2 saja untuk bisa lebih mudah di pahami, meskipun saya sendiri yakin kalau Vani sudah mengerti dan paham, untuk tema ini sebenarnya sudah masuk dalam daftar postingan blog ini , hanya saja belum watunya untuk di posting, karena saya juga memperhatikan urutan dalam pembelajaran tata bahasa di sini, semoga bisa membantu🙂

  4. Andi mengatakan:

    wah mantap dan penjelasannya mudah di mengerti

  5. Andi mengatakan:

    minta tolong dijelaskan tetang bachim spesial lebih deatail soalnya saya sangat terganggu dlm belajar mengenai perubahannya dan apakah cuman 4 huruf itu yang termasuk batcim spesial or masih ada lagi yang lain

    • Mst 03 mengatakan:

      karena alasan kurang begitu besar pengaruhnya dalam tata bahasa, maka sengaja saya sendiri menjelaskan yang pointnya saja, untuk jumlah badchim spesial yg memiliki peranan besar yakni ㅂ , ㄷ , ㄹ, dan 르,… sedangkan lainnya seperti 프 , 쁘 etc tidak harus mengalami perubahan ( hanya kebiasaan lidah saja untuk mempermudah sehingga mengalami perubahan ) , saya sengaja hanya memperkenalkan ㅂ, ㄷ, ㄹ , dan 르 krn dalam badchim ini yang sering kita jumpai dan harus mengalami perubahan pada bentuk tertentu, tentu saja supaya mmg tidak bingung, yg terpenting 4 badchim itu dulu, lainnya masih banyak sebenarnya tp kalo untuk lainnya, bilamana kita d hadapkan pada percakapan , saya rasa langsung bisa d mengerti. untuk penjelasan badchim spesial ㅂ,ㄷ, ㄹ , dan 르 saya rasa sudah cukup bs d mengerti🙂

  6. vani mengatakan:

    maafnya kalo pertanyaan saya mendahului dari pembelajaran blog ini, soalnya pd saat kuis saya terjebak oleh pertanyaan ini.

    terima kasih atas jawabannya

    • Mst 03 mengatakan:

      tidak apa2, selagi saya bisa dan mampu, akan saya usahakan untuk menjawabnya, namun bila mana saya tidak bs maka saya akan mencarikan dr sumber2 yg saya jadikan tempat belajar,…. tp bila mentok tdk ketemu juga,… ha ha ha mohon d maklumi saja😀

  7. kiky imnida mengatakan:

    annyeong…
    maaf aq tidak mengerti mengenai P + 을수 있어요 itu maksudx gmn..
    을수 있어요 ====>maksudx apa “eulsuitteoyo”?
    trimakasih atas bimbinganx

Tinggalkan Balasan

