Belajar Bahasa Korea : Membaca Abjad Korea

Setelah menghafal dan memahami huruf abjad korea ( hangeul ==> 한긑 ), serta mengerti bagaimana cara penulisannya, untuk membaca tulisan abjad korea tidaklah mengalami banyak kesulitan. Meskipun masih sedikit kurang lancar, tapi itu karena faktor belum keterbiasaan atau kurangnya latihan saja.

Dalam tahapan belajar bahasa korea, fase membaca abjad korea lebih mudah dan cepat dari pada menghafal atau menulis abjad korea. Tahapan ini ( membaca abjad korea ) hanya merupakan pengembangan dari materi pelajaran sebelumnya, dan kunci dari keberhasilan tahap ini terletak pada banyaknya latihan menulis abjad korea dan membaca abjad korea itu sendiri. Sebagai latihan di sini kita akan membaca beberapa contoh tulisan korea, dan mencoba menuliskannya ke dalam abjad biasa.

Contoh berbentuk terjemahan bahasa Indonesia :

  • 사야 브라니 ==> Terdiri dari huruf  ㅅ, 아 , 야, (spasi ) ㅂ, 으, ㄹ, 아, ㄴ, 이 ==>  S, A, YA, ( Spasi )  B, EU, R, A, N, I ==> Saya Berani.
  • 아꾸 믄찐따이무 ==> Terdiri dari huruf  아, ㄲ, 우, ( spasi ) ㅁ, 으, ㄴ, ㅉ, 이, ㄴ, ㄸ, 아, 이, ㅁ, 우 ==> A, K, U ( spasi ) M, EU, N, C, I, N, T, A, I, M, U ==> Aku mencintaimu
  • 배다 빤당안 ==> Terdiri dari huruf  ㅂ, 애, ㄷ, 아 ( spasi ) ㅃ, 아, ㄴ, ㄷ, 아, ㅇ, 아, ㄴ ==>  B, AE, D, A ( spasi ) P, A, N, D, A, NG, A, N ==> Beda pandangan
  • 믐바와 붕아 ==> Terdiri dari huruf ㅁ, 으, ㅁ, ㅂ, 아, 와 ( spasi ) ㅂ, 우, ㅇ, 아 ==> M, EU, M , B, A , OA ( WA ) ( spasi ) B, U, NG, A ==> Membawa bunga
  • 마깐 빠기 ==> Terdiri dari huruf ㅁ, 아, ㄲ, 아, ㄴ ( spasi ) ㅃ, 아, ㄱ, 이 ==>  M, A, K, A, N ( spasi ) P, A, G, I ==> Makan pagi

Contoh berbentuk terjemahan bahasa korea :

  • 난 너를 사랑 해요 ==> Terdiri dari huruf  ㄴ, 아 , ㄴ ( spasi ) ㄴ, 어, ㄹ, 으, ㄹ ( spasi ) ㅅ, 아, ㄹ, 아, ㅇ, ㅎ, 애, 요 ==> N, A, N ( spasi ) N, OE, R, EU, L ( spasi ) S, A, R, A, NG, H, AE, YO ==>  Nan noereul saranghaeyo ( Aku mencintaimu ) ** Catatan : untuk huruf ” ㄹ ”  bilamana berposisi di atas, maka pembacaanya sebagai huruf ” R” tetapi bilamana berposisi di bawah ( sebagai konsonan akhir atau badchim ) maka pembacaanya sebagai huruf ” L “
  • 잘 가세요 ==> Terdiri dari huruf ㅈ, 아, ㄹ ( spasi ) ㄱ, 아, ㅅ, 에, 요 ==>  J, A, L (  spasi ) G, A, S, E, YO ==> Jal gaseyo ( selamat pergi )
  • 한국어를 배워요 ==> Terdiri dari huruf ㅎ, 아, ㄴ, ㄱ, 우, ㄱ, 어, ㄹ, 으, ㄹ ( spasi ) ㅂ, 애, 워, 요 ==>  H, A, N, G, U, G, OE, R, EU, L ( spasi ) B, AE, UOE , YO ==>  Hangugoereul baeuoeyo ( Belajar bahasa korea )
  • 좋아한 사람이에요 ==> Terdiri dari huruf ㅈ, 오, ㅎ, 아, ㅎ, 아, ㄴ (  spasi ) ㅅ, 아, ㄹ, 아, ㅁ, 이, 에, 요 ==> J, O, H, A, H, A, N ( spasi ) S, A, R, A, M, I, E, YO ==> Johahan saramieyo ( orang yang di sukai )
  • 커피를 마셔요 ==> Terdiri dari huruf ㅋ, 어, ㅍ, 이, ㄹ, 으, ㄹ ( spasi )  ㅁ, 아, ㅅ, 여, 요 ==>  Q, OE, PH, I ( spasi ) M, A, S, YOE, YO ==> Qoephireul masyoeyo ( minum kopi )

Pembacaan badchim ( konsonan akhir ) pada huruf ㅅ, ㅈ, ㅊ, ㅌ, ㄷ, ㅆ, dan akan di baca konsonan ” T/D

Contoh :

  • ==> badchim ㅅ di sini pembacaanya bukan sebagai ” S ” melainkan di baca sebagai ” T ” ==> Mat
  • 맞 다 ==> badchim ㅈ pembacaanya sebagai ” T ” dan berbunyi ” Mat da ” bukan di baca sebagai ” Maj da “

Pembacaan Badchim ( konsonan akhir ) ” ” pada pembacaan korea, akan di baca sebagai huruf konsonan ” M ”

Contoh :

  • 일 합니다 ==> badchim ㅂ di sini pembacaan sebagai ” M ” ==> il hamnida. bukan di baca sebagai  ” B ” ( il habnida)
  • 갑 니다 ==> badchim ㅂ  di baca sebagai ” M ” ==> gamnida. Bukan sebagai gabnida

Mungkin dari beberapa contoh di atas cukup mewakili dari penjelasan materi membaca abjad korea, untuk pengembangannya sangat di anjurkan banyak latihan menulis dan membaca abjad kor

Perihal master03
Tetap perlakukan orang lain seperti kita ingin di perlakukan oleh orang tersebut,.. ^_^

10 Responses to Belajar Bahasa Korea : Membaca Abjad Korea

  1. mimie mengatakan:

    rul…noona bth bantuan nih….너무어야…ini bacanya apa benar sep ini…neo mueo ya…..yang artinya who are you…binggungnya di huruf 무 tapi sebelahnya ada 어….
    고마워요….

    • master03 mengatakan:

      nah ,… sekarang pc nya bs pake ngetik hangeul ya,…? ya bener mbak,… untuk pembacaanya dah bener, hanya saja penulisannya mungkin sedikit berbeda kalo saya make ” OE ” tapi kalo mbak mimie make ” EO ” tp gak apa,.. tetep bener kok,

      nah gini nih mbak,… huruf 우 kalo ketemu ma 어 bs d gabung menjadi 워 ==> nah kalo tambah konsonan ㅁ => 뭐 , kalo tulisan 너 무어야 bs menjadi => 너( spasi ) 뭐야 => 너 뭐야, => noe muoeya / noe mwuoeya,… siiiip dah pinter sekarang nih,….🙂

      • mimie mengatakan:

        itu bahasa slank korea ya rul?kok agak aneh gitu….mbak liat di miss intimate nya suju….

  2. master03 mengatakan:

    wah kalo itu aku kurang tau mbak, soalnya aku sendiri g pernah mempelajari bahasa slank, d samping d larang ma atasanku, juga arti setiap perorangan bs berbeda beda

  3. nury mengatakan:

    jadi semangaaat pengen belajr korea… tapi pc kntor lom bsa wat ngetik hangeul😐

  4. adjiest mengatakan:

    tolong dong untuk angka angka bahasa korea bentuknya seperti apa?sekalian bentuk penulisan, lafal, dan arti dalam bahasa indo……hamsa hamnida !!!!

  5. syifa hyesung Elfsuju mengatakan:

    uhhhh susah bngt sihh nih jadinya gk ngerti2 dehh !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. Elno mengatakan:

    annyeong, seongsaengnim ^_^…
    aq mau nanya badchim itu buat kata-kata tertentu saja ya, kalo iya contoh”nya apa saja?
    soalnya aq pernah liat hangeul dengan huruf ㅅ disisipkan dibawah tapi bacanya itu tetap ‘s’ bukan ‘t’…
    mohon dijawab
    gamsahamnida

  7. Zra Nateqs mengatakan:

    mbak, tulisan korea gitu kalo nulis di komputer ada softwarenya ya??saya bingung mau belajar bahasa korea dimulai darimana??hehhehe mohon bantuannnya mbak.

  8. Mayu mengatakan:

    Mau tanya:
    pada kalimat “JOHAHAN SARAMIEYO”
    knp “H” harus disatuin sama “J&O”? Padahalkan H disatuin aja sma A.
    Knp jg “M” gak disatuin aja sama “I”? malah misah-misal I, E, & O-nya”

    Mohon bantuannya. Tolong jawabannya kirim ke email: may_chunlai@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: