Belajar Bahasa Korea : Menulis Abjad Korea

Dalam penulisan huruf abjad korea tidaklah berbeda jauh dengan menuliskan huruf abjad biasa, tinggal menggabungkan huruf huruf itu sendiri. Hanya ada sedikit berbeda dalam penggabungannya yakni penulisan konsonan akhir. Perbedaanya, kalau kita menuliskan abjad biasa, konsonan akhir di tulis sejajar dengan huruf sebelumnya. Sedangkan penempatan konsonan akhir pada huruf korea di tulis di bawah yang di sebut badchim ( 받침 ).

Contoh :

  • Jam ==> Konsonan akhir pada kata jam adalah ” m ” dan di tulis sejajar dengan kata sebelumnya
  • 잠 ==> Konsonan akhir adalah ” ㅁ ” ( m ), penempatan konsonan akhir ” ㅁ ” ( m ) ini di tulis di bawah

Contoh lain :

  • Ban ==> konsonan akhir berupa huruf ” n ” penempatan sejajar dengan huruf ” Ba “
  • 반 ==> konsonan akhir huruf ” ㄴ ” ( n ), penulisan konsonan akhir di bawah pada huruf sebelumnya.

Untuk memulai penulisan huruf abjad korea tentu saja harus sudah hafal dan mengerti huruf abjad korea ( hangeul==> 한글 ).Yang perlu di perhatikan dalam penulisan atau penggabungan huruf abjad korea adalah vokalnya.Kita lihat pada vokal vokal huruf korea ini ==> 오 , 아 , 어, 이, 우, 으, 애, Kalau kita amati, setiap huruf vokal tersebut terdapat lambang ” ㅇ ”  dan lambang ini nantinya lah sebagai tempat penggabungan antara huruf konsonan dan vokal itu sendiri. Dalam penggabungannya, Lambang ” ㅇ ”  tinggal di gantikan dengan huruf konsonan.

Contoh :

  • Bila kita ingin menuliskan kata ” GO ” ==> kata GO terdiri dari 2 huruf yakni ” G ” dan “O” ,dalam abjad korea terdiri dari konsonan ” ㄱ ” dan vokal ” 오 “. Penggabungannya, ” ㄱ ” menggantikan posisi ” ㅇ ” pada huruf vokal ” 오 “, sehingga posisi ” ㄱ ”  terletak di atas ” ㅗ ”  dan terbentuk kata ” go==> 고 “ ( ㄱ + 오 ==> 고 )
  • Kita ingin menuliskan kata ” SAMA ” ==> Kata SAMA terdiri dari 4 huruf yang di antaranya ” S “, ” A ” , ” M ” , ” A ” dalam abjad korea ” “ㅅ” ,” 아 “, “ㅁ”,” 아” Penggabungannya ==> ” ㅅ ” menggantikan posisi ” ㅇ ”  dan  begitu pula dengan ” ㅁ “,juga menggantikan posisi ” ㅇ ”  pada urutan huruf selanjutnya. ( ㅅ + 아 => 사 ), ( ㅁ+아 =>마 )==> ㅅ + 아 + ㅁ + 아 ===> 사마

Contoh penulisan berbentuk konsonan akhir :

  • Kita ingin menuliskan kata ” SUP ” ==> Kata ” SUP ” terdiri dari 3 huruf  S, U, dan P. Dalam huruf abjad korea terdiri dari huruf  ” ㅅ , 우,  dan ㅍ “,  penggabungannya sama dengan di atas, hanya saja  penempatan konsonan akhir ” ㅍ ” (  p ) di tulis di bawah. ==> ” ㅅ ” menggantikan posisi ” ㅇ ”  pada vokal ” 우 ” dan “ㅍ ” di tulis di bawahnya, ( ㅅ + 우 => 수, + ㅍ ==> 숲 )
  • Kita ingin menuliskan kata ” JIN ” ==> kata JIN  terdiri dari huruf ” J, I, dan N ” pada huruf abjad korea terdiri dari huruf ” ㅈ, 이  dan  ㄴ “, penggabungannya ==> “ㅈ”  menggantikan posisi “ㅇ”  pada vokal ” 이 ” dan konsonan ” ㄴ ”  di tulis di bawahnya, ( ㅈ + 이 => 지, + ㄴ ==> 진 )
  • Kita ingin menuliskan kata ” CINTA ” ==> Kata CINTA terdiri dari huruf ” C, I, N, T, dan A ” pada huruf abjad korea terdiri dari huruf ” ㅉ, 이, ㄴ, ㄸ,  dan  아 ” , penggabungannya ==> “ㅉ” menggantikan posisi “ㅇ” pada vokal “이” dan  “ㄴ”  di tulis di bawahnya, terus menyusul  huruf berikutnya ” ㄸ ”  menggantikan posisi “ㅇ”  pada vokal “아 “, ( ㅉ + 이 => 찌 + ㄴ => 찐 ) + ( ㄸ + 아 => 따 ) ==> ( 찐 + 따 ==> 찐따 ) Karena di sini huruf  ” ㅉ ”  merupakan gabungan huruf konsonan ”  ㅈ ” dan  berposisi pada awal kata,maka untuk penulisan kata CINTA  (  찐따 )  bisa di ganti dengan JINTA ( 진따 )  dengan alasan : pembacaan huruf ” ㅈ ” ( J ) pada awal kata di baca ” ㅉ” (  C ) dengan kata lain kata ” 진따 ” pembacaanya ” Cinta ” bukan JINTA.

Untuk penulisan kata kata yang lain, penggabungannya sama seperti penjabaran di atas. Penekanan pada penulisan huruf abjad korea terletak pada konsonan akhir atau yang lebih sering di sebut badchim ( 받침 ). Pada konsonan akhir di tulis di bawah. Inilah yang membedakan antara penulisan huruf abjad korea dengan penulisan huruf abjad biasanya, sedangkan lainnya sama persis dengan cara penulisan huruf abjad biasa.

About these ads

Perihal master03
Tetap perlakukan orang lain seperti kita ingin di perlakukan oleh orang tersebut,.. ^_^

24 Responses to Belajar Bahasa Korea : Menulis Abjad Korea

  1. Anis mengatakan:

    Q mau k0mentar,
    kenapa huruf abjadnya sama semua. Tidak ada perbedaan sama sekali,

  2. Reny mengatakan:

    Pusing dch q jdnya,,q gk ngrti tuch..he,,he,,

  3. nury mengatakan:

    mksih infonya.. aku dah mulai belajr korea ni… :D
    diwajibkan di kntor ku.. hehheh

  4. kyrah mengatakan:

    emm..huruf vokal kan ade 5…but,kenapa korea ade 7 huruf vokal?????..and mana satu untuk a,e,i,o,u???

  5. Diiaan mengatakan:

    makasii info’a ,,
    saya mau belajar bahasa korea sekarang :)

  6. egia mengatakan:

    ternyata sulit y? pdahal q pngin bgt tuch blajar hruf k0rea……..

  7. arifa_shawol mengatakan:

    waduuuu …

    gg faham aq , aneh sih , ribet tlisan.y ..

    mending nulis huruf mandarin lebih gampang …

  8. elsya sasabila mengatakan:

    bingung……

  9. puriy ambar winanti mengatakan:

    tolong ya beritau saya

  10. hamba ALLAH mengatakan:

    punya rekomendasi buku-buku bagus di korea dengan 한굴?
    저는 너무 필요해요,,, 알았으면 제발 저의 이-마일 에 보내주세요.
    yoogyeong0726@yaho.co.id.
    정말 감사합니다

  11. ivin mengatakan:

    makasih invonya. q coba pelajari…. maklum baru pemula :)

  12. risa_petals mengatakan:

    hmm., q masih bingung…

    kok huruf” alphabetnya ga di tulis…

    jadi ga ngerti deeh mana yang “a” mana yang “b”

  13. angelkyu mengatakan:

    wuaaaa.. gomawo y atas pelajaran nya! gue ngerti.. mkasih banget ya chingu >.<

  14. Julianti mengatakan:

    Q kRa gmPng tr’xt sSah, tapi lw liat d tv korea gmPng tU, , nulis’x, bin9ung q pikir sMua’x sama, gMna cra mMbdkan’x???

  15. inhap alkaf mengatakan:

    Bisa dibuat suatu komunitas g atau paling tidak gabung di twiter or FB supaya kita bisa saling berbagi informasi tentang bahasa korea atau saling mengobrol pakai bahasa korea…..biar lebih cepat ngerti,aku pengen banget cepat ngerti…..tapi sarana untuk belajarnya kurang memadai,sebab ditempat aku belum ada tempat kursus untuk bahasa korea……..

  16. chelsea mengatakan:

    Gampang sekarang q dah pandai hrf korea sapa mau bljr dngn ku. Q ad buka khursus bhs korea

  17. Ardhy Revensyah mengatakan:

    bantu Gw dong….. penulisan nama Gw dalam tulisan Korea
    Ardhy Revensyah….. Thanks….

  18. samaran mengatakan:

    misal aq mau nulis “mobil” yg terdiri dari m-o-b-i-l dan udah…trus org korea tau kalo mobil yg aq tulis tadi adalah kendaraan? Yg saya mau tanyakan sbtulnya bljar bahasa dulu atau penulisan dahulu.smoga ngerti maksudku. Thx mhon dbls

  19. lorinsani siahaan mengatakan:

    aku gak ngerti yg d bwt , tolong lebih rinci lagi tapi yang jelas di bwt

    aku gak amat loe………………………..

    tlong bantu yach

  20. kania mengatakan:

    Pusing bngt wkwk. Jadi kalo “kania” penulisan koreanya gmn? ._. Heee

  21. nhyetamoezat mengatakan:

    Duh…jadi puding eh maksudnya pusing.
    hehehehehe

  22. Mayu mengatakan:

    makasih tulisannya…
    membantu ku buat belajar korea…..
    Terus “Korea” klw bisa… ada pelajaran “Mandarin juga donk” hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 90 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: