Belajar Bahasa Korea : Abjad Korea ( 한글 ==> Hangeul )

Tahapan pertama dalam belajar bahasa korea adalah hafal dan mengerti huruf abjad korea atau yang lebih di kenal dengan hangeul ( 한글 ), kemudian di ikuti cara menulis dan membacanya. Berikut huruf abjad korea yang harus kita hafal :

Konsonan :

  • ㄱ  ==> G
  • ㄴ  ==> N
  • ㄷ  ==> D
  • ㄹ  ==>  R
  • ㅁ  ==>  M
  • ㅂ  ==>  B
  • ㅅ  ==>  S
  • ㅇ  ==>  NG
  • ㅈ  ==> J
  • ㅊ  ==> CH
  • ㅋ  ==> Q
  • ㅌ  ==> TH
  • ㅍ  ==> PH
  • ㅎ  ==> H
  • ㄲ  ==> K
  • ㄸ  ==> T
  • ㅃ  ==> P
  • ㅆ  ==> SS
  • ㅉ  ==> C

Catatan : Untuk konsonan ㄱ, ㄷ, ㅂ, ㅅ, dan ㅈ bila terletak pada awal kata akan di baca double ( ㄲ, ㄸ, ㅃ, ㅆ, dan ㅉ )

Vokal :

  • 아   ==> A      : Anak
  • 야   ==> YA   : Ya
  • 어   ==> Oe    : Order, Cowok
  • 여   ==> Yoe : Yogyakarta
  • 오   ==> O       : Go
  • 요   ==> Yo   : Loyo
  • 우   ==> U      : Untuk
  • 유   ==> YU   : Sayur
  • 으   ==> EU    : Enyah
  • 이   ==> I        : Indah
  • 애   ==> AE    : Elok
  • 얘   ==> YAE
  • 에   ==> E       : Enak
  • 예   ==> YE
  • 외   ==> OI ==> WE ( merupakan gabungan vokal 오 dan 이 )
  • 와   ==> OA ==> WA ( merupakan gabungan vokal 오 dan 아 )
  • 왜   ==> OAE ==> WAE ( merupakan gabungan vokal 오 dan 애 )
  • 워   ==> UOE ==> WOE ( merupakan gabungan vokal 우 dan 어 )
  • 웨   ==>UE ==> WE ( merupakan gabungan vokal 우 dan 에 )
  • 위   ==> UI ==> WI ( merupakan gabungan vokal 우 dan 이 )
  • 의   ==> EUI ( merupakan gabungan vokal 으 dan 이 )

Untuk lebih mudah menghafal abjad korea dan pegucapannya, hendaknya kita memfokuskan pada huruf tunggal terlebih dahulu, baru di ikuti huruf ganda ( gabungan ). Pada pengucapan huruf ganda terbentuk berdasarkan bunyi huruf dasar yang melekat di dalamnya, contoh : 와 ==> oa ( wa ) kita harus terlebih dahulu tahu dan mengerti huruf 오  dan 아, bunyi yang di hasilkan tinggal mengikuti perpaduan bunyi dari keduanya.

Contoh lain pada vokal ganda: 아 ==> a, akan berbunyi ” Ya ” setelah ada tambahan garis “- ” ( 야 ) yang mengarah ke kanan, jadi garis tambahan tersebt bisa di artikan ” Y ” pada vokal. contoh pada vokal 오 ==> o, akan berbunyi ” Yo ” setelah di tambahkan garis yang mengarah ke atas ( 요 ). Dapat di simpulkan bahwa garis tambahan pada vokal berati ” Y “. Sekali lagi kesimpulan cara awal menghafal huruf abjad korea, terletak pada huruf tunggal, baik sebagai konsonan ataupun vokal.

About these ads

Perihal master03
Tetap perlakukan orang lain seperti kita ingin di perlakukan oleh orang tersebut,.. ^_^

30 Responses to Belajar Bahasa Korea : Abjad Korea ( 한글 ==> Hangeul )

  1. desi kusumawati mengatakan:

    ……q suka bahasa korea apalagi flimnya bagus banget melebihi flim di Indonesia dan juga lagunya bagus….

    I LOVE U BAHASA KOREA
    4 EVER
    BAHASA KOREA

  2. mimie mengatakan:

    mbak ada pertanyaan ni.tp computer ng bs nulis hangul.gini aja…huruf ONG tapi sebelahnya ada A…..jadinya apa?ini mbak ambil dari judul winter sonata….NUN- EUI YEO-……..yang titik2 itu yg mbak tanya td. satu lg yg bener yeo atau yoe sih.

    • master03 mengatakan:

      sebenarnya dalam penulisan abjadnya tidak ada masalah kalau ada sedikit perbedaan, yang penting pelafalannya. mungkin ONG sebelahnya ada A ==> OANG kah? ==> wang ( 왕 ) itu huruf gabungan vokal O dan A ==> OA atau Wa, terus mengenai penulisan YEO atau YOE itu g ada masalah,…. mana yg benar? keduanya benar, tinggal bagaimana pengucapannya,… kalau yang saya tulis di atas YOE ==> gotong royong, sedangkan YO ==> loyo .dan kalau yang saya amati dalam penulisan abjadnya mayoritas menggunakan ” YOE ”

      NB : mbak,….? saya laki laki mbak mimie,…. bukan perempuan. :)

      • mimie mengatakan:

        ya tau khoirul laki2.mbak di situ yg ku maksud ya aku.(bahasa jawanya,,,,”boso’ne” ).kalau namanya tukar jadi khoirulliyah,ntar biar mbak panggil mbak yu….
        eh ngomong2 foto yg kayak ninja itu ,khoirul juga?kayak artis korea……^_^

  3. mimie mengatakan:

    sampe lupa blg ,gamsahamida khoirul ssi…..

    • master03 mengatakan:

      maaf mbak mimie,… mungkin saya yang kurang teliti dalam memahami kalimatnya,… jadi yang saya kira mbak disini adalah saya, :) iya mbak mimie, itu foto profil saya. yang mbak mimie maksud artis korea g selalu cakep kan,… mungkin saya yang termasuk kategori itu :D iya,… mbak sama2 :)

  4. winda mengatakan:

    maaf bukan maksud saya untuk begitu saya juga mau mempelajarinya…saya bingung mau nyalin gimana
    maaf sekali saya hanya menyalinnya saja buat saya sendiri….saya mau belajar bahasa korea tapi belum ada tempat lesnya

    • master03 mengatakan:

      Saya sendiri sebenarnya sangat senang bila tulisan saya bs bermanfaat bagi orang lain, bila mana mesti di publikasikan kembali yang saya harap tertulis sumbernya saja tidak lebih, ato anda juga bisa menambahkan linknya ke blog anda, jd anda g harus kesusahan mencari alamat yg d tuju. saya sempat kaget juga krn tulisan sahabat saya ( tazkiana )juga ada d situ

  5. winda mengatakan:

    Ya udah saya rubah baru beberapa menit langsung saya rubah maaf ya

    komapta

    • master03 mengatakan:

      sebelumnya saya juga mengucapkan banyak terima kasih, krn mbak winda mengindahkannya dan bener2 ada tindakan merubahnya. Dari rasa kesungguhan mbak winda inilah justru saya malah merasa salah sendiri, masih ada banyak hal yang perlu saya pelajari , termasuk dari mbak winda sendiri,… terima kasih :)

      • winda mengatakan:

        Yae sama2 Q juga salah kok…jadi makasih dah mau maafin aku….makasih banget

      • master03 mengatakan:

        Iya mbak winda,… aku jg banyak minta maaf, kalo sampai apa yang aku sampaikan membuat mbak winda jd tertekan,… mungkin aku yg terlalu egois mbak,… sebelumnya aku bener2 terima kasih dan salut atas kesungguhan mbak winda dalam menghadapi suatu masalah. :)

  6. winda mengatakan:

    Yae sama-sama

  7. shineeniezkey mengatakan:

    kak susah gag sih pertama belajar bahasa ini?
    aq nyoba2 baca az kykx ni lidah dah melilit gitu!xixixixixxi
    gomawo…

  8. smuthia mengatakan:

    annyeong eonni ^^
    salam kenal ya… aku pengen tahu gimana caranya supaya hangul-hangul ini bisa terbaca di laptopku. ada yang tahu caranya? gamsahamnida eonni :D

    • Wienda_Minho mengatakan:

      @smuthia
      (annyeong eonni ^^
      salam kenal ya… aku pengen tahu gimana caranya supaya hangul-hangul ini bisa terbaca di laptopku. ada yang tahu caranya? gamsahamnida eonni :D)

      *Mungkin dengan menggunakan Windows Player Terkini……coba saja…..tapi aku juga loem tau …hehehe

      Mian Hae Saeng

  9. IRA mengatakan:

    hello……ahn nyeong ha sa yo….. Ira imnida…… well I still new in this study… i have problem to understand how to writing it…… to spell it …. or to understand the word… can you help me…~~

  10. 'ciie nonx yg trsakiti mengatakan:

    dha yg lbhh mdahh g ,,
    coz aq g ngerti ,,

  11. any mengatakan:

    mencoba memahami bahasa korea coz suka banget sama korea tapi kayanya susah ya…. mohon bantuannya….

    mampir ke blog qu ya…..

  12. rosa lyu. mengatakan:

    yoeboseyo..

    slm kenal na jg ingn bljr bhsa korea mhn bimbingn ny ya..

    ghamsahamnida..

  13. andry mengatakan:

    biar cepet hafal bahasa korea gimana to ?? susah’a sama kya bhasa inggris ndak ??

  14. Aldy Chandu mengatakan:

    thank ………

  15. lutfia mengatakan:

    i love korean speek……
    hrus bsa bhs korea…..clon mahasiswa parang kk gk bsa bhs korea

  16. lutfia mengatakan:

    tlong ajari sya…..
    rmh x mna…..?? klok rmh x daerh jwa timur….
    tlong anda dtng ke kota sidoarjo agr saya bsa brtmu dngn anda dan dpt memulai bljr bhs korea….
    atau anda berminat mnjdi gru bhs korea di smp saya…..
    tpi jka anda melmr mnjdi gru distu….anda hrus berpura” tdk mngenal saya…..
    jwb koment sya di nomer nieh:0821515367542

    GAMSA

  17. Mayu mengatakan:

    gomawo^___^

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 93 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: